Jumat, 04 Mei 2018

Resep Siomay Bandung Mantap Enaknya

Resep Siomay Bandung Mantap Enaknya - Sukaaakk banget sama jajanan ini, biasanya banyak juga yg jual di pinggir2 jalan. Rasanya khas pake bumbu kacang, ngangenin banget di lidah. Trial resepnya ci Amei, ternyata hubby bilang rasanya mirip sama siomay terkenal di Bandung, waahhh memang mantep!! 😋 Anak2 juga suka banget, pulang sekolah makan ini, malem juga makan ini, ehhh besoknya juga minta dibawain bekal ini lagi, nggak bosen? Nggak katanya, enakkk... hihihihi... Emang pas sekalian bikin banyak sih, biar sampe bosen makan siomayny resep ikan bakar bumbu kuning a xixixixi..... Yuk cuss aja moms.... Fang Bahan-bahan
  1. 700 gr dada ayam fillet, potong kecil2
  2. 200 gr daging ikan tenggiri
  3. 300 gr labu siam, potong kecil2
  4. 3 bh santan kara segitiga
  5. 500 gr sagu tani
  6. 2 btr telur
  7. 10 siung bawang merah
  8. 5 siung bawang putih
  9. 2 sdt merica bubuk
  10. 1 1/2 sdm gula pasir
  11. 3 sdt kaldu ayam bubuk (aku pake Royco)
  12. Secukupnya garam
  13. Bahan saus kacang:
  14. 300 gr kacang tanah kupas, goreng atau sangrai
  15. 6 siung bawang putih, goreng
  16. 5 bh cabe merah, buang bijinya, goreng
  17. cabe rawit, goreng (kalo suka pedas, aku skip)
  18. 8 lbr daun jeruk
  19. 2 sdm gula merah serut
  20. 4 sdm kecap manis (boleh tambah kalo suka agak pekat warnanya)
  21. 2 sdt kaldu ayam bubuk (aku pake Royco)
  22. 1 sdm gula pasir
  23. Secukupnya garam
  24. Secukupnya air
  25. Bahan Tambahan:
  26. 5 btr telur ayam, rebus, kupas
  27. 2 bh pare, potong2, buang tengahnya
  28. 300 gr Kentang uk kecil, kupas, kukus sampai matang
  29. 10 bh jeruk sambel
Langkah
  1. Cara membuat siomay: Haluskan daging ayam, tenggiri, labu siam, bawang merah, bawang putih dengan food processor. Tuang di wadah, campur dengan santan, tepung sagu dan semua bumbu. Aduk sampe rata. Olesi alas kukusan dengan minyak, bentuk adonan sesuka hati, kukus sampe matang. Krn aku pas males bentuk2, akhirnya aku pake mangkok pyrex kotak yg agak gede, aku olesi minyak dulu, trus kutuang aja adonan disitu, langsung kukus, nanti tinggal potong2.
  2. Utk pare, masukkan adonan di tengah pare, kukus sampe matang. Aku kukusnya kurleb 25 menitan. Harus sampe bener2 mateng ya... Oya sebelumnya aku coba kukus sedikit adonan utk cek rasa.
  3. Cara membuat saus kacang: Haluskan semua bahan kecuali daun jeruk, boleh pake food processor atau blender. Boleh halus atau kasar2 aja kacangnya. Aku suka yg alus kayak bumbu sate. Panaskan sedikit minyak, masukkan gilingan kacang dan daun jeruk, aduk2, tambah air, semua bumbu, tes rasa. Masak sampe meletup2. Kekentalan bisa disesuaikan selera dengan menyesuaikan jumlah airnya.
  4. Ganti Utk menyajikan, potong2 siomay, kentang, telur, pare, siram saus kacang, beri kecap manis, saos tomat, saos sambal, kucuri dengan perasan jeruk sambel. Yummy....!!!! 😍😋
  5. Ganti
  6. Ganti Pengen lagi dan lagi...😙
Tambah langkah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar